Distributor Alat Pemadam Kebakaran: Portable, Mobil, Otomatis, Kecil

Pada musim kemarau, udara sangat panas. Udara di luar rumah ataupun di dalam rumah.

Jika rumah Anda panas, Anda pasti membutuhkan alat pendingin ruangan. Tapi jika udara luar yang panas, bisa saja menimbulkan bencana kebakaran. Untuk memadamkan api, tentu harus segera cepat agar api tidak membesar. Oleh karena itu, Anda membutuhkan alat pemadam api untuk memadamkannya.

Pengertian Kebakaran

Kebakaran adalah peristiwa terjadinya nyala api yang tidak dikehendaki, tidak disengaja. Bencana ini sangatlah berbahaya, karena faktor penyebabnya sering kali kita jumpai dan sering kali terjadi. Kebakaran dapat terjadi dimana saja. Tidak hanya terjadi pada bangunan, kebakaran juga sering terjadi di hutan.

Faktor Penyebab Kebakaran

Biasanya, kebakaran disebabkan karena peristiwa listrik (konsleting listrik), penyimpanan atau penggunaan bahan-bahan, merokok tidak pada tempatnya, gesekan atau benturan, house keeping yang tidak baik.

Klasifikasi Kebakaran

Peristiwa kebakaran dibedakan menjadi 4 kelas berdasarkan bahan-bahan penyebab kebakaran, diantaranya adalah :

1. Kelas A

Kebakaran pada kelas A ini disebabkan oleh bahan-bahan yang mudah terbakar seperti kayu, kertas, plastik dan lain-lain.

2. Kelas B

Kebakaran pada kelas B, biasanya disebabkan oleh bahan cair atau gas, misalnya bensin, solar, bensol, butane dan lain-lain.

3. Kelas C

Kebakaran yang disebabkan oleh arus listrik pada peralatan permesinan, generator, panel listrik tergolong pada kebakaran kelas C, biasanya sering terjadi di pabrik atau industri.

4. Kelas D

Bahan logam juga dapat memicu terjadinya kebakaran, misalnya yaitu titanium, aluminium, dll. Bahan-bahan logam seperti Titanium ini dapat memicu kebakaran, bahkan jika terpapar panas di udara bisa meledak.

Pencegahan Kebakaran

1. Memasang Alarm Asap atau Smoke Alarms, biasanya alat ini sering kita jumpai pada langit-langit ruangan di rumah sakit, hotel, bioskop dan lain sebagainya. Namun, sebaiknya Anda juga perlu memasangnya di rumah karena kebakaran juga bisa terjadi rumah Anda.

2. Berhati-hati dalam penggunaan listrik, hubungi tukang listrik yang mahir jika Anda memiliki masalah dengan  fuse atau braker listrik yang turun, atau sesuatu yang berbau terbakar pada alat listrik Anda.

3. Jangan Merokok di dalam ruangan, selain itu gunakan asbak rokok yang berbahan tidak mudah terbakar. jangan pernah merokok didalam rumah ketika  oksigen.

4.  Jangan meninggalkan dapur dalam keadaan kompor menyala, jika Anda hendak pergi, sebaiknya matikan kompor angkat panci dan wajan. Begitu juga oven, matikan lalu ambil makanan. Selain itu jauhkan benda-benda yang mudah terbakar, seperti lap, sarung tangan oven.

Bagaimana tindakan yang harus dilakukan jika terjadi kebakaran?

  1. Tetap tenang dan jangan panik.
  2. Segera padamkan api, jangan tunggu api membesar.
  3. Segera keluar rumah, selamatkan semua anggota keluarga dan barang harga.
  4.  Segera hubungi pemadam kebakaran.

Sebagai antisipasi, Anda perlu memasang alarm asap, selain itu, anda harus mempunyai alat pemadam kebakaran. Jika Anda membutuhkan Alat Pemadam Kebakaran, Anda bisa membelinya di Sustaining Towers.

Berikut adalah beberapa macam Alat Pemadam Kebakaran :

  1. APAR (Alat Pemadam Api Ringan)

Alat pemadam api jenis ini mudah dibawa, dan mudah dioperasikan, hanya dengan kekuatan satu orang.

Jenis APAR ada tiga, yaitu :

  • Foam untuk kebakaran kelas A, B, D
  • Dry Chemical Powder kebakaran kelas A, B, C, E
  • CO2  (Carbon Dioxide) kebakaran kelas B, C, D, E

2. Alat Pemadam Api Portable

Alat pemadam ini sama seperti alat pemadam api ringan, mudah dibawa dan dapat dioperasikan satu orang saja. Namun, tidak dapat digunakan setelah habis, atau tidak bisa diisi ulang.

3. Thermatic System , atau Alat Pemadam Api Thermatic

Jenis alat pemadam api ini adalah otomatis. Jika ada asap atau adanya api yang menyala dan terdeteksi oleh sensor. Alat ini akan tetap bekerja, jika ada asap atau adanya api yang menyala dan terdeteksi oleh sensor. 

4. Trolley atau Alat Pemadam Api Berat

Alat pemadam api ini mempunyai roda dan dilengkapi regulator untuk mengatur tekanan dari gas CO2/N2. Harus dioperasikan oleh 2 orang atau lebih.

5. Hydrant

Alat ini berfungsi sebagai sumber air untuk memadamkan api saat terjadinya kebakaran, biasanya terdapat di trotoar. Bentuknya standar dan memiliki tanda khusus.

Bagi Anda yang membutuhkan alat pemadam api, segera kunjungi Sustaining Towers . Hanya disini, Anda dapat menemukan berbagai macam alat pemadam kebakaran dengan harga terjangkau dan melayani pengiriman ke seluruh Indonesia. Mengapa harus memilih Sustaining Towers? Karena hanya disini tempat yang menyediakan berbagai jenis kebutuhan industri dengan jaminan kualitas terbaik. Masih ragu untuk membeli di Sustaining Towers? Sudah banyak pelanggan yang puas akan pelayanan bertransaksi. Tunggu apa lagi, segera kunjungi Sustaining Towers sekarang juga.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s